Essay Kewirausahaan Digital
Apa itu wirausaha
digital ? Wirausaha digital adalah fenomena yang muncul melalui perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi. Ekonomi digital membuka peluang bagi para
wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik.
Wirausaha digital juga telah menarik minta usaha para pebisnis milenal
khususnya di perguruan tinggi. Namun potensi wirausaha digital dari pebisnis
milenial tentunya perlu dikembangkan dari berbagai pihak. Pihak yang berperan
besar adalah pemerintah, perguruan tinggi dan industri.
Siapa Wirausaha digital
? Agen yang melakukan kegiatan komersial atau sosial baik pemerintah maupun
industriyang menggunakan teknologi digital. Menariknya terdapat peluang
pebisnis milenial di perguruan tinggi memiliki semua ciri-ciri sebagai wirausah
digital, dan mereka harus didorong untuk mengembangkan usaha digital secara
inovatif baik secara produk, distribusi maupun tempat kerja yang berbasis
internet untuk mencari pangsa tertentu dan peluang pasar.
Mengapa kewirausahaan
digital itu penting ? Munculnya kewirausahaan teknologi digital telah
memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Usaha digital yang dibangun melalui
jejaring internet seperti Google, Facebook, atau Microsoft telah mampu mengubah
dunia serta telah membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis. Digitalisasi
juga berdampak terhadap pengembangan wirausaha baru, potensi pengembangan usaha
baru meningkat karena adanya peluang digitalisasi cabang usaha maupun mengubah
usaha dari offline menjadi online.
Peluang dan tantangan
bisnis di era digital tentu harus dipahami dengan baik. Kenapa? Karena kini era
perdagangan bebas telah dimulai. Semua orang bisa melakukan transaksi jual beli
dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan media internet. Sudah pasti hal
ini memberikan keuntungan, tapi di sisi lain ada banyak tantangan yang harus
dihadapi. Tapi tak sedikit pula yang bisa meraup untung besar karena paham akan
peluang yang datang di depan mata. Dari sini anda sebagai pebisnis juga harus
memahami bahwa tantangan yang ada di era digital tersebut akan mampu memberikan
kepada anda lebih banyak manfaat. Hal ini juga adalah sesuatu yang tepat untuk
dilakukan.
Peluang dan tantangan bisnis
di era digital yang pertama adalah bagaimana pelaku bisnis tersebut harus terus
belajar dan tiada henti. Semuanya itu memang butuh waktu dan proses. Pada
dasarnya memahami dan mempelajari sebuah bisnis itu memang harus diterapkan
dengan baik. Kalau perlu memang harus menggunakan mentor atau pendamping.
Dengan adanya mentor atau pendamping tersebut, sudah pasti akan lebih banyak
yang bisa diperoleh. Anda bisa melakukan proses pengembangan desain produk dan
lain sebagainya dengan mudahnya. Dengan belajar dari mereka yang ahli, sudah
pasti ini akan bisa memperkaya wawasan dengan mudahnya. Dari sini akan lebih
banyak yang bisa didapatkan.
Peluang
dan tantangan bisnis di era digital yang datang bersamaan selanjutnya adalah
selalu melakukan inovasi. Ini tentunya adalah sebuah tantangan yang harus
dihadapi karena menuntut para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi dalam
mengembangkan produk yang dimilikinya agar semakin mudah disukai oleh orang
banyak. Tapi tak hanya itu saja, ini juga bisa menjadi tantangan yang
sepertinya sangat seru dilakukan. Jika mampu dilewati maka ini akan bisa
menjadi sebuah peluang yang tak terkira manfaatnya. Pada dasarnya, suatu
peluang memang akan bisa mendapatkan banyak potensi yang menarik apabila anda
tau bahwa inovasi dan juga membangun sebuah brand image yang bagus itu juga
sangat diperlukan didalamnya. Misalnya saja membangun kafe kekinian,
merchandise kekinian, dan lain sebagainya. Hal tersebut pastinya juga akan
memberikan manfaat yang pastinya lebih besar dan banyak.
Peluang
dan tantangan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah selalu berpikir out
of the box atau berbeda dari yang lain. Hal ini sangat diperlukan pada saat
anda ingin membuat bisnis sukses. Banyak orang memikirkan sesuatu yang umum
dilakukan, tapi alangkah baiknya jika anda berpikir sesuatu yang tidak umum,
salah satunya adalah dengan melakukan sesuatu yang tidak umum, atau keluarkan
semua kreativitas yang anda miliki untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada
dasarnya bukanlah sesuatu yang mudah untuk mendapatkan semua dengan cara yang
biasa. Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak perhatian dari pelanggan, sudah
pasti berikan sesuatu yang sangat luar biasa.
Peluang
dan tantangan bisnis di era digital akan memberikan kepada kita lebih banyak
kejutan saat kita mengetahui bahwa hasilnya sangat istimewa. Mungkin memang
butuh waktu dan perencanaan, tapi hal tersebut pada dasarnya memang sangat
penting dilakukan. Dengan berpikir out of the box¸sudah pasti kita akan
mendapatkan lebih banyak manfaat yang dibutuhkan didalamnya. Hal tersebut akan
mampu memberikan kepada anda keuntungan yang lebih maksimal lagi. Dari sini
menjadi pribadi yang out of the box adalah jalan terbaik mendapatkan lebih
banyak pelanggan yang datang kepada anda.
Kompetensi yang harus
dimiliki untuk menjadi wirausaha digital adalah sebagai berikut :
1.
Komunikasi - Komunikasi adalah
keterampilan penting wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang
kali, promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi baik pribadi
maupun professional adalah kunci sukses wirausahawan.
2.
Finansial - Memiliki
kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha. Mengendalikan arus kas
sangat penting bagi solopreneur , freelancer ataupun bisnis besar.
3.
Merk - Apa “wajah” usaha
anda ? Setiap wirausaha harus memiliki merek dan setiap wirausaha adalah merek.
Cara bicara, cara menanggapi email, cara memperkenalkan diri, cara menulis
adalah merek “citra” anda sebagai wirausaha. Pikirkan Apple, Facebook, dan
Tesla, apakah Steve Jobs, Mark Zuckenberg, atau Elon Mark muncul di benak Anda
? Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya terkenal dan berpengaruh di dunia,
tetapi mereka juga memiliki merek yang dipengaruhi sangat kuat oleh para
pendirinya.
4.
Marketing - Seorang
wirausahawan punya produk terbaik di dunia, tapi jika tidak ada yang tahu,
produk tidak akan berharga. Pahami secara mendalam berbagai disiplin ilmu
pemasaran digital untuk mengoptimalkan Search Engine, pemasaran medsos, pay per
click, pemasaran konten dan pemasaran via email.
5.
Networking – Tali silahturahmi
akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan tali silahturahmi yang dibangun,
makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.
6.
Automation – Melakukan hal yang
sama berulang kali akan mengurangi produktivitas wirausaha. Jika perangkat
lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan
pendelegasian.
7.
Design – Beda produk bagus
dan produk hebat adalah desain. Banyak wirausaha yang mengabaikan “desain
produk” dan terburu-buru masuk pasar sehingga menemukan kegagalan besar, desain
bukan hanya tampilan, tetapi fungsinya.
8.
Analytics – Belajar
menganalisis menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi,
belajarlah membuat keputusan berdasarkan data
9.
Technical – Pemrograman memang
suatu keterampilan penting dunia digital. Namun tidak semua harus bisa itu,
pemahaman sederhana tentang algoritma dan cara berpikir terstruktur akan
mengembalikan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks.
10.
Learning – Online Learning
adalah salah satu keterampilan penting di era digital yang akan membantu untuk
meningkatkan kinerja bisnis.
Terima kasih pak
BalasHapuswah
BalasHapusKeren
BalasHapusinformatif banget
BalasHapussuper informatiff!!✨
BalasHapusInformatif!
BalasHapusKeren min
BalasHapusMantapp
BalasHapusWow inspiring!
BalasHapuskerenn
BalasHapuswahh keren banget
BalasHapusbagus bgtt sangat informatif..
BalasHapuswahh informatif banget
BalasHapuskeren bangett
BalasHapus