Essay Kewirausahaan Digital

 

Apa itu wirausaha digital ? Wirausaha digital adalah fenomena yang muncul melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Ekonomi digital membuka peluang bagi para wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik. Wirausaha digital juga telah menarik minta usaha para pebisnis milenal khususnya di perguruan tinggi. Namun potensi wirausaha digital dari pebisnis milenial tentunya perlu dikembangkan dari berbagai pihak. Pihak yang berperan besar adalah pemerintah, perguruan tinggi dan industri.

Siapa Wirausaha digital ? Agen yang melakukan kegiatan komersial atau sosial baik pemerintah maupun industriyang menggunakan teknologi digital. Menariknya terdapat peluang pebisnis milenial di perguruan tinggi memiliki semua ciri-ciri sebagai wirausah digital, dan mereka harus didorong untuk mengembangkan usaha digital secara inovatif baik secara produk, distribusi maupun tempat kerja yang berbasis internet untuk mencari pangsa tertentu dan peluang pasar.

Mengapa kewirausahaan digital itu penting ? Munculnya kewirausahaan teknologi digital telah memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Usaha digital yang dibangun melalui jejaring internet seperti Google, Facebook, atau Microsoft telah mampu mengubah dunia serta telah membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis. Digitalisasi juga berdampak terhadap pengembangan wirausaha baru, potensi pengembangan usaha baru meningkat karena adanya peluang digitalisasi cabang usaha maupun mengubah usaha dari offline menjadi online.

Peluang dan tantangan bisnis di era digital tentu harus dipahami dengan baik. Kenapa? Karena kini era perdagangan bebas telah dimulai. Semua orang bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan media internet. Sudah pasti hal ini memberikan keuntungan, tapi di sisi lain ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tapi tak sedikit pula yang bisa meraup untung besar karena paham akan peluang yang datang di depan mata. Dari sini anda sebagai pebisnis juga harus memahami bahwa tantangan yang ada di era digital tersebut akan mampu memberikan kepada anda lebih banyak manfaat. Hal ini juga adalah sesuatu yang tepat untuk dilakukan.

 

 

 

 

 

 

Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang pertama adalah bagaimana pelaku bisnis tersebut harus terus belajar dan tiada henti. Semuanya itu memang butuh waktu dan proses. Pada dasarnya memahami dan mempelajari sebuah bisnis itu memang harus diterapkan dengan baik. Kalau perlu memang harus menggunakan mentor atau pendamping. Dengan adanya mentor atau pendamping tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa diperoleh. Anda bisa melakukan proses pengembangan desain produk dan lain sebagainya dengan mudahnya. Dengan belajar dari mereka yang ahli, sudah pasti ini akan bisa memperkaya wawasan dengan mudahnya. Dari sini akan lebih banyak yang bisa didapatkan.

Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang datang bersamaan selanjutnya adalah selalu melakukan inovasi. Ini tentunya adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi karena menuntut para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi dalam mengembangkan produk yang dimilikinya agar semakin mudah disukai oleh orang banyak. Tapi tak hanya itu saja, ini juga bisa menjadi tantangan yang sepertinya sangat seru dilakukan. Jika mampu dilewati maka ini akan bisa menjadi sebuah peluang yang tak terkira manfaatnya. Pada dasarnya, suatu peluang memang akan bisa mendapatkan banyak potensi yang menarik apabila anda tau bahwa inovasi dan juga membangun sebuah brand image yang bagus itu juga sangat diperlukan didalamnya. Misalnya saja membangun kafe kekinian, merchandise kekinian, dan lain sebagainya. Hal tersebut pastinya juga akan memberikan manfaat yang pastinya lebih besar dan banyak.

Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah selalu berpikir out of the box atau berbeda dari yang lain. Hal ini sangat diperlukan pada saat anda ingin membuat bisnis sukses. Banyak orang memikirkan sesuatu yang umum dilakukan, tapi alangkah baiknya jika anda berpikir sesuatu yang tidak umum, salah satunya adalah dengan melakukan sesuatu yang tidak umum, atau keluarkan semua kreativitas yang anda miliki untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada dasarnya bukanlah sesuatu yang mudah untuk mendapatkan semua dengan cara yang biasa. Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak perhatian dari pelanggan, sudah pasti berikan sesuatu yang sangat luar biasa.

Peluang dan tantangan bisnis di era digital akan memberikan kepada kita lebih banyak kejutan saat kita mengetahui bahwa hasilnya sangat istimewa. Mungkin memang butuh waktu dan perencanaan, tapi hal tersebut pada dasarnya memang sangat penting dilakukan. Dengan berpikir out of the box¸sudah pasti kita akan mendapatkan lebih banyak manfaat yang dibutuhkan didalamnya. Hal tersebut akan mampu memberikan kepada anda keuntungan yang lebih maksimal lagi. Dari sini menjadi pribadi yang out of the box adalah jalan terbaik mendapatkan lebih banyak pelanggan yang datang kepada anda.

 

 

Kompetensi yang harus dimiliki untuk menjadi wirausaha digital adalah sebagai berikut :

1.    Komunikasi - Komunikasi adalah keterampilan penting wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali, promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun professional adalah kunci sukses wirausahawan.

2.    Finansial - Memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha. Mengendalikan arus kas sangat penting bagi solopreneur , freelancer ataupun bisnis besar.

3.    Merk - Apa “wajah” usaha anda ? Setiap wirausaha harus memiliki merek dan setiap wirausaha adalah merek. Cara bicara, cara menanggapi email, cara memperkenalkan diri, cara menulis adalah merek “citra” anda sebagai wirausaha. Pikirkan Apple, Facebook, dan Tesla, apakah Steve Jobs, Mark Zuckenberg, atau Elon Mark muncul di benak Anda ? Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya terkenal dan berpengaruh di dunia, tetapi mereka juga memiliki merek yang dipengaruhi sangat kuat oleh para pendirinya.

4.    Marketing - Seorang wirausahawan punya produk terbaik di dunia, tapi jika tidak ada yang tahu, produk tidak akan berharga. Pahami secara mendalam berbagai disiplin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan Search Engine, pemasaran medsos, pay per click, pemasaran konten dan pemasaran via email.

5.    Networking – Tali silahturahmi akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan tali silahturahmi yang dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.

6.    Automation – Melakukan hal yang sama berulang kali akan mengurangi produktivitas wirausaha. Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian.

7.    Design – Beda produk bagus dan produk hebat adalah desain. Banyak wirausaha yang mengabaikan “desain produk” dan terburu-buru masuk pasar sehingga menemukan kegagalan besar, desain bukan hanya tampilan, tetapi fungsinya.

8.    Analytics – Belajar menganalisis menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarlah membuat keputusan berdasarkan data

9.    Technical – Pemrograman memang suatu keterampilan penting dunia digital. Namun tidak semua harus bisa itu, pemahaman sederhana tentang algoritma dan cara berpikir terstruktur akan mengembalikan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks.

10. Learning – Online Learning adalah salah satu keterampilan penting di era digital yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Digital Marketing