Essay Digital Marketing

 

1.   1Apa itu Digital Marketing ? 

Pengertian digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan jasa/layanan melalui media online atau Internet. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena return of investment (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, marketing jenis ini memberikan hasil memuaskan.

Serupa dengan metode pemasaran tradisional seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur digital marketing juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Anda. Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, digital marketing menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Anda.

 

2.    Apa Manfaat Digital Marketing dalam bisnis ?

·         Menjangkau pasar secara online

Internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Internet memungkinkan bisnis kamu dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas.

Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.

 

·         Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan

Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.

Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien. 

·        Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis

Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.

·         Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan

Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.

·         Memudahkan dalam melakukan evaluasi

Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis kamu dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya.

·         Membuat bisnis terlihat lebih professional

Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.


3.    Mengapa Digital Marketing bermanfaat untuk saat ini ?

Mengapa digital marketing itu penting, alasan utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen.

Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya menyasar calon konsumen baru. Apabila konsumen ini tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan laku keras dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi marketing cara lama atau konvensional bisa saja menjangkau pangsa pasar tertentu. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan digital marketing, baik itu melalui website perusahaan, media sosial hingga melalui email marketing.


4.    Bagaimana Digital Marketing bermanfaat untuk bisnis ? 

·         Tergantung dari jenis dan ukuran bisinis

Digital marketing strategi mungkin akan melibatkan beberapa strategi digital, yang masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan di awal. Digital marketing strategi membantu bisnis Anda untuk tetap fokus dalam memenuhi tujuan-tujuan tersebut.

Tujuan digital marketing biasanya seperti mempromosikan bisnis, merek, membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan penjualan. Ini semua dicapai dengan menggunakan media digital yang dapat diukur, ditargetkan, dan intraktif. 

Pemasaran yang tetap fokus sangatlah diperlukan karena konsumen sebagai penerima pesan dan pengambil keputusan pembelian perlu mendapatkan pemahaman terkait produk/jasa yang mereka cari dan butuhkan. Bayangkan jika pemasaran dilakukan tidak fokus dengan tujuan yang berubah-ubah. Ini juga dapat mempengaruhi presepsi konsumen tentang merek.

 

·        Digital Marketing Agensi

Digital marketing agensi kian mendapatkan tempat untuk menjalankan berbagai pemsaran digital, dan menjadi bagian vital dalam menjalankan digital marketing strategi. Saat ini juga telah banyak digital marketing agensi terutama di Jakarta. 

Digital marketing agensi atau juga disebut dengan agensi digital marketing sendiri merupakan sebuah penyedia jasa pemasaran bisnis melalui media digital. Jenis jasa yang ditawarkan sangat beragam, seperti desain website, SEO, media sosial, konten, Paid Per Click (PPC), Google Ads, dan lain sebagainya.

 

·        Peran Digital Marketing Agensi

Sebelum pesan pemasaran Anda dibuat, digital marketing agensi akan melakukan riset yang mendalam terkait dengan permasalahan marketing yang dimiliki oleh perusahaan. Langkah awal ini dilakukan dengan sangat teliti dan mendalam karena langkah pertama ini lah yang akan menjadi penentu keberhasilan dari digital marketing strategi yang akan diterapkan.

Selanjutnya, agensi akan memberikan solusi dan rekomendasi strategi dari permasalahan yang ditemukan. Dalam tahap ini, digital marketing agensi akan melakukan brief beberapa kali yang tujuannya agar strategi yang diajukan sejalan dengan perusahaan. Peran seperti inilah yang membuat digital marketing agensi menjadi lebih efektif untuk digunakan.

 

·        Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa hal yang paling besar berubah dalam dekade ini adalah dunia pemasaran. Digital marketing memainkan peranan penting yang menentukan bisnis Anda. Manfaat digital marketing untuk bisnis Anda tidak sebatas dapat mecapai tujuan saja. Digital marketing bermanfaat sebagai investasi pemasaran jangka panjang yang biayanya lebih murah dari pemasaran tradisional yang menggunakan papan iklan yang punya keterbatasan jangkauan. Menggunakan digital marketing membuat produk Anda dapat dijangkau bahkan oleh mereka yang sebenarnya bukan menjadi target utama dari pemasaran Anda. Hal ini tentu saja karena internet membuat semua tidak ada batasnya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Kewirausahaan Digital